Akhirnya beli juga buku Gen M. Saya mengetahui buku ini dari postingannya Pak Yuswohady. Saya termasuk pengunjung setia situs pribadinya. Entah mengapa saya selalu tertarik membaca postingan-postingan beliau yang berkaitan dengan branding, marketing, dan lain-lain. Sebenarnya saya suka membaca postingan beliau sejak saya punya amanah sebagai tim marketing PKPU Yogyakarta (2009-2015). Ternyata kebiasaan membaca blog beliau tak berkurang setelah saya tidak menjadi tim marketing lagi hehehe.
Gen M adalah sebutan yang diberikan oleh Pak Yuswohady dan tim untuk generasi muslim yang religius, modern, inklusif, dan makmur. Ide menulis buku ini tercetus setelah buku Marketing to The Middle Class Moslem. Dalam buku Marketing To The Middle Class Moslem dapat digambarkan 4 sosok konsumen kelas menengah Muslim yaitu Apatis, Rasionalis, Konformis, dan Universalis. Sosok universalis ini yang diprediksi Pak Yuswohady dan tim akan semakin berkembang jumlahnya dan menjadi kekuatan pasar yang luar biasa. Segmen pasar Universalis ini yang kemudian oleh Pak Yuswohady disebut dengan Generation Muslim #GenM.
Berikut ini adalah beberapa karakteristik Gen M:
Religius
Mereka adalah sosok yang memiliki iman, Islam, dan ihsan yang tinggi. Sangan concern dengan nilai-nilai keislaman. Contoh yang sangat terlihat adalah mereka sangat memperhatikan kehalanan suatu produk.
Modern
Mererka adalah sosok yang berpengetahuan luas, melek teknologi,eksis di dunia digital, dan memiliki global mindset.
Mereka adalah sosok yang memiliki iman, Islam, dan ihsan yang tinggi. Sangan concern dengan nilai-nilai keislaman. Contoh yang sangat terlihat adalah mereka sangat memperhatikan kehalanan suatu produk.
Modern
Mererka adalah sosok yang berpengetahuan luas, melek teknologi,eksis di dunia digital, dan memiliki global mindset.
Universal Goodness (Rahmatan lil 'alamin)
Mereka adalah sosok-sosok dengan karakteristik yang humanis dan inklusif. Mereka ingin menampilkan Islam sebagai agama yang cinta damai dan menjunjung nilai-nilai kemanusiaan. Mereka juga merupakan pribadi-pribadi yang menjunjung toleransi.
High Buying Power
Gen M adalah kelas menengah yang sudah tercukupi kebutuhan dasarnya. Mereka konsumtif dan produk-produk yang dikonsumsipun bukan hanya produk lokal tetapi juga produk global. Namun mereka juga termasuk kelompok masyarakat yang sudah sadar untuk mengelola keuangan. Selain itu mereka juga termasuk orang yang pemurah (rajin memberi). Dikutip dalam buku ini, "Semakin kaya, semakin pintar, semakin banyak memberi". Itulah gambaran Gen M.
Mereka adalah sosok-sosok dengan karakteristik yang humanis dan inklusif. Mereka ingin menampilkan Islam sebagai agama yang cinta damai dan menjunjung nilai-nilai kemanusiaan. Mereka juga merupakan pribadi-pribadi yang menjunjung toleransi.
High Buying Power
Gen M adalah kelas menengah yang sudah tercukupi kebutuhan dasarnya. Mereka konsumtif dan produk-produk yang dikonsumsipun bukan hanya produk lokal tetapi juga produk global. Namun mereka juga termasuk kelompok masyarakat yang sudah sadar untuk mengelola keuangan. Selain itu mereka juga termasuk orang yang pemurah (rajin memberi). Dikutip dalam buku ini, "Semakin kaya, semakin pintar, semakin banyak memberi". Itulah gambaran Gen M.
Saya tidak akan menjelaskan panjang lebar di sini mengenai karakteristik Gen M. Yang jelas buku ini sangat informatif sekali menjelaskan tentang siapa itu Gen M, insight dan bagaimana strateginya untuk menarik segmen ini dalam pemasaran. Buku ini layak dibaca siapa saja terutama buat para pebisnis. Selain itu buku ini juga cocok dibaca untuk para aktifis masjid atau aktifis dakwah yang menyasar #GenM. Dakwah jaman sekarang harus kreatif apalagi jika sasarannya adalah generasi muda.
Selamat membaca! Have a nice day!:)
Selamat membaca! Have a nice day!:)
Komentar
Posting Komentar