Quotes

Syukur dan sabar bagai dua sayap , yang kanan sayap syukur dan yg kiri sayap sabar. Jika patah salah satu maka kita akan jatuh~Buya Hamka

Label

Langsung ke konten utama

When The Dream Comes True

Alhamdulillah, Jumat (2/12/2011)  saya mendapatkan email dari panitia Adupoto Byar Pet 1433 H yang menyatakan bahwa saya terpilih sebagai list pemenang. Berita ini sungguh membuat saya  bahagia:)). Ada beberapa rentetan peristiwan yang terjadi sebelum saya memutuskan mengikuti kontes ini.

Begini ceritanya, waktu itu Ahad 27 November 2011 selepas shalat ashar di masjid saya kembali ke kamar dan berniat melanjutkan untuk membaca buku Yoyoh Yusroh Mutiara yang Telah Tiada. Diantara kebiasaan buruk saya ketika membaca adalah membaca sambil tiduran hehe, jangan dicontoh ya! Nah belum selesai saya menyempurnakan posisi berbaring ada cahaya masuk melalui celah jendela kamar. Tiba-tiba ada ide untuk memanfaatkan cahaya itu  untuk memotret sebuah objek. Ide itu muncul  begitu kuat. Sayapun segera mengambil HP saya untuk memotret.

Ada beberapa objek yang saya abadikan, pertama buku dan kedua sandal daimatu kesayangan. Beberapa model gambar saya ambil hingga akhirnya muncul ide untuk memotret sandal yang berada dalam garis cahaya dan seolah-olah sedang melangkah. Jepret! beberapa gambar tercipta. Lewat gambar itu saya ingin menyampaikan pesan tentang seseorang yang memilih berada di jalan cahaya. Kanan kirinya gelap namun dia terus meniti jalan cahaya itu. Jalan cahaya ibarat jalan yang lurus jalan yang mengantarkan kita pada kebahagiaan yang hakiki. Foto itu rencananya akan saya posting di blog dan FB kemudian ditag ke guru fotografi dan teman-teman di kelas fotografi pocket island.

Senin, 28 November 2011 saya buka-buka timeline di twitter. Ada ritwitan dari FotoHebat yang isinya memberikan informasi  bagi pecinta fotografi khususnya untuk pengguna kamera saku jika fotonya ingin dipamerkan bisa mengikuti Jakarta Urban Photography Show yang merupakan bagian dari acara Pictfest 2011. Nah saya tertarik untuk mengikuti acara itu karena ada kesempatan bagi orang-orang untuk memamerkan karyanya yang diambil dari kamera saku. Sayapun buka website kufoto.com yang berisi info tersebut. Namun sayang sekali saya tidak bisa mengikutinya karena foto yang ditampilkan bertema "Jakarta Urban". Saya gak punya stok foto itu:((

Kemudian saya baca-baca info yang ada di kufoto.com ternyata di sana ada  juga info Kontes Adu Poto Byar Pet 1433 H yang diadakan oleh gerombolan blogger bunderan HI (BHI) bekerjasama dengan kufoto.com. Kontes ini terbuka untuk semua jenis kamera termasuk kamera handphone. Lalu tiba-tiba saya  ingat foto yang beberapa lalu saya ambil. Langsung saja saya edit fotonya, gak banyak sih yang diedit cuma saturasi dan kontrasya (seingat saya).

Kemudian saya registrasi di kufoto.com dan upload fotonya. Ada dua foto yang saya kirim. Yang pertama foto yang saya ambil tanggal 27 November 2011, kedua foto lama dengan latar belakang pantai Parangtritis. Kalau mau lihat bisa buka di disini, foto karya saya ada di halaman 4 pojok kanan bawah dan halaman 5 pojok kiri atas. Foto yang saya kirim judulnya berjalan di pinggir pantai dan meniti jalan cahaya. Sengaja emang gak diupload di postingan ini hehe #sok-sokan mau buat orang penasaran (emang pada penasaran gak sih??? hohohoho:p

Hari Jumat, 2 Desember 2011  ba'da duhur ada email dari panitia adu poto masuk ke inbox. Mereka menyampaikan bahwa foto karya saya  masuk di list pemenang dan akan diumumkan malam harinya bersamaan dengan acara muktamar Byar Pet 1433 BHI di Bunderan HI Jakarta jam 20.00 WIB. Wah belum diumumin aja rasanya udah seneng banget bisa masuk list daftar pemenang apalagi kalau bener-bener menang:D, maklum saya masih pemula di dunia fotografi. Masih harus banyak belajar:D

Sejak pemberitahuan dari panitia saya jadi galau. Jadi deg-degan. Saya berdo'a pada Allah untuk memberikan keputusan yang terbaik. Malam-malam jelang pengumuman saya gak tenang rasanya (agak lebay nih kayaknya:P). HP gak lepas dari genggaman saya. Bentar-bentar cek timeline-nya buderan HI namun beberapa kali dicek belum ada pengumuman  hingga akhirnya saya capek sendiri dan memutuskan untuk tidur. Akhirnya saya baru lihat pengumuman keesokan harinya. Alhamdulillah foto karya saya menjadi pemenang keempat dari 5 pemenang yang dipilih dan pada 10 Desember 2011 dipamerkan di Picfest 2011 di fX LifeStyle X'nter, Sudirman, Jakarta tepatnya di booth Bunderan HI. Alhamdulillah #sesuatubanget:))

Ini adalah kontes pertama yang saya ikuti. Alhamdulillah Allah mempercayakan saya menjadi salah satu pemenang. Saya yakin ini adalah bagian dari skenario Allah untuk menjawab kegelisahan saya selama ini. Allahlah Maha Pemberi ide. Beberapa waktu sebelum  mengetahui kontes itu saya merasa resah dan gelisah. Saya merasa belum berprestasi. Hal itu membuat saya sedih. Saya merasa belum ada hal istimewa yang saya lakukan terkait dengan potensi yang saya miliki. Kadang iri dengan beberapa teman yang bolak-balik menang untuk kompetisi tertentu dan saya juga ingin seperti mereka. Punya prestasi! Meskipun yang namanya prestasi itu gak melulu diukur dari seberapa sering seseorang menang kompetisi. Menurut saya prestasi itu sebenarnya maknanya luas dan tergantung dari sudut pandang masing-masing orang.

Semoga hal ini tidak membuat saya berpuas diri. Saya jadi semakin mencintai hobi fotografi ini. Semoga ini bisa memotivasi saya untuk belajar lagi tentang fotografi (masih pemula euy!). Terimakasih banget buat panitia adupoto byar pet khususnya BHI dan kufoto.com,  dan juri-juri yang sudah memberikan apresiasi (Ada Dannny Tumbelaka, Iman Brotoseno, Ndorokakung, Kru Bunderan HI, dll). Oiya makasih banget buat guru saya Mz Alvein untuk ilmunya selama ini, juga teman-teman pocket island:)).

Sungguh tidak menyangka harapan bisa menjadi salah satu pemenang menjadi nyata. Apa yang saya alami ini seolah-olah kebetulan namun saya yakin tidak ada yang kebetulan di dunia ini. Semua sudah diatur oleh Yang Maha Mengatur:)

***Mohon maaf kalau saya sedikit norak di sini, saya hanya ingin berbagi kebahagiaan:D

Berita terkait:
Daftar Pemenang Adupoto Byar Pet 1433 H
life-long learner, suka jalan-jalan, blogging, dan phonetography| Bahagia itu sederhana| Hidup mulia dan husnul khotimah (aamiin).

Komentar

  1. whaaa selamaaat mba Cece cantiiik barakallah...ikut seneng dengernya... :) hadiahnya apa mbak??? makan2

    BalasHapus

Posting Komentar