Quotes

Syukur dan sabar bagai dua sayap , yang kanan sayap syukur dan yg kiri sayap sabar. Jika patah salah satu maka kita akan jatuh~Buya Hamka

Label

Langsung ke konten utama

Road to Master's Degree Program #2 Arrival

Hai apa kabar semua? Maaf baru update lagi nih. Kali ini aku mau cerita tentang keberangkatanku ke Korea Selatan. Oh iya, saat ini aku sudah dua minggu berada di Korea. Aku dan teman-teman berangkat ke Korea pada hari Kamis 7 September 2023 jam 23.15 WIB dengan pesawat Garuda dan tiba di Korea pada hari Jumat 8 September 2023 sekitar pukul 9 waktu setempat. Penerbangan kami alhamdulillah lancar dan tidak ada kendala apapun.

Yang bikin deg-degan justru peristiwa-peristiwa sebelum terbang. Pada hari itu ada penutupan kegiatan KTT ASEAN yang menyebabkan beberapa jalan utama di Jakarta ditutup, alhasil banyak teman yang terjebak macet. Sungguh itu bikin ketar-ketir, takut kalau macetnya lama dan ketinggalan pesawat. Aku sendiri sudah tiba di bandara Soekarno Hatta sekitar pukul 6 sore, lebih baik menunggu daripada terburu-buru. Beberapa teman baru sampai bandara sekitar jam 9 malam, alhamdulillah masih cukup waktu untuk check in dan menunggu boarding. Saat itu paspor dan visa kami dibawa oleh satu orang yang ikut kena macet, jadi baru bisa check in saat yang bersangkutan datang.

14 hari di Korea rasanya nano-nano. Bersyukur akhirnya bisa kembali ke tempat ini, salah satu tempat yang kurindukan karena suasananya yang asri dan nyaman. Aku tinggal di asrama yang ada di lingkungan kampus. Lokasinya cukup jauh dari Seoul, mungkin membutuhkan waktu sekitar 1,5-2,5 jam menggunakan transportasi umum. Bersyukur karena salah satu cita-citaku meraih pendidikan tinggi di luar negeri dikabulkan. Alhamdulillah.

Menginjakkan kaki di Korea kami disambut dengan musim panas yang pansanya nggak kalah sama panasnya Bekasi atau Jakarta. Matahari terasa terik dan menyilaukan. Beberapa hari terakhir malah sering hujan, bahkan kemarin hujannya cukup lebat disertai angin. Banyak pesan peringatan kami dapatkan sepajang hari kemarin. Salut dengan Korea karena selalu update memberikan pesan peringatan terkait keadaan darurat.

Perkuliahanku sudah dimulai sejak hari senin (11/09/2023) minggu lalu. Dalam satu minggu ada 4 mata kuliah yang harus diikuti. Untuk satu semester ini satu hari satu mata kuliah. dan tiap mata kuliah dilaksanakan selama 3 jam. Beberapa tugas sudah menanti untuk dikerjakan hehehe. Bismillah, semoga Allah senantiasa memudahkan.

Oh iya, saat tiba di Bandara Incheon International Airport kami dijemput oleh External Affair Team Koreatech dengan bus. Perjalanan dari bandara menuju kampus membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Setelah sampai, kami langsung diarahkan ke asrama untuk pembagian kamar dan menyimpan barang-barang. Setelah itu kami segera ke gedung GEC (Global Education Center) untuk makan siang dan mendapatkan pengarahan. Hari itu juga kami registrasi sim card Korea, mengisi aplikasi untuk pembuatan ARC dan juga rekening bank. ARC singkatan dari Alien Registration Card yang merupakan kartu identitas sementara bagi warga asing yang menetap di Korea lebih dari 90 hari.

Itu dulu ya ceritaku hari ini, lain kali aku sambung lagi. See yaaaa!

life-long learner, suka jalan-jalan, blogging, dan phonetography| Bahagia itu sederhana| Hidup mulia dan husnul khotimah (aamiin).