Quotes

Syukur dan sabar bagai dua sayap , yang kanan sayap syukur dan yg kiri sayap sabar. Jika patah salah satu maka kita akan jatuh~Buya Hamka

Label

Langsung ke konten utama

Road to Master's Degree Program #1 "The Announcement"

Sejak awal Mei hingga Agustus ini aku merasa lelah sekali. Banyak pekerjaan yang harus dilakukan mulai dari mengajar, menguji, dan lain-lain. Beberapa minggu terakhir waktuku tersita untuk persiapan apply beasiswa S2 ke Koreatech. Setelah galau bertahun-tahun mau daftar atau tidak akhirnya aku memberanikan diri untuk mendaftar. Bismillah, niat menuntut ilmu dan meningkatkan kompetensi semoga Allah SWT meridhoi.

Pengumuman info beasiswa cukup mendadak, kami hanya punya waktu kurang lebih selama 12 hari untuk menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Pengumuman di grup kantor tanggal 12 Juli 2023 dan dokumen dikirim paling lambat tanggal 24 Juli 2023. Saat itu jadwal mengajarku sedang padat-padatnya. Ada beberapa dokumen yang harus disiapkan diantaranya surat rekomendasi atasan, study plan, personal statement dll. Prioritasku adalam minta surat rekomendasi atasan karena ini adalah hal yang penting, tanpa ijin dari beliau akan repot juga nanti ke depannya. 

Setelah dapat surat rekomendasi dari atasan aku fokus membuat study plan. Aku mengerjakan di rumah saat malam hari, ya iyalah Che wong siang harinya kamu kerja. Kalau di kantor mau ngerjain tuh nggak bisaa karena nggak fokus, selain itu jadwal ngajarku juga lagi padat, nggak bisa mikir kalau di kantor. Personal Statement baru beres saat H-4 deadline. Kami harus mengirimkan hard copy ke Korea lewat DHL. Untuk antisipasi keterlambatan dokumen kami juga mengirimkan dokumen dalam bentuk soft copy ke email panitia. 

 Hari Jumat tanggal 21 Juli kami kirim berkas hard copy ke Koreatech lewat DHL, Sabtu 22 Juli 2023 aku kirim email juga ke panitia. Hari-hari menunggu balasan dari Koreatech terkait aplikasi kami sangat meresahkan. Dikit-dikit cek email, untuk memastikan apakah kemarin mengirim ke email yang sesuai atau tidak. Tanggal 26 Juli dari Koreatech mengirimkan email terkait jadwal interview, tanggal 1 Agustus 2023 kami diwawancarai. Sungguh detik-detik yang menegangkan huhuhu, sebenarnya vibe-nya positif sih saat interview namun karena ini baru pertama kali bagiku, aku lumayan deg-degan. 

Ada tiga orang yang mewawancarai, tiga-tiganya adalah wanita. Pertama aku diminta memperkenalkan diri, kemudian ditanya tentang apa hubungannya antara background-ku dengan program Global TVET Management. Aku juga ditanya tentang islamic banking karena backgroundku adalah Islamic Banking & Finance Management, mereka tidak familiar dengan hal itu. Mereka juga menanyakan pengalaman kerjaku setelah lulus kuliah. Selain itu mereka juga menanyakan pengalamanku saat aku training di Korea pada tahun 2018. Aku juga ditanya hal yang berkaitan dengan pelatihan dan national curriculum standard

Setelah interview kami mendapat email bahwa hasil interview akan disampaikan sebelum hari Jumat (4 agustus 2023). Hari rabu dan kamis kami menunggu-nunggu hasil namun sampai kamis malam belum ada email dari Koreatech. Pengumuman itu baru kuterima pada hari Jumat, 4 Agustus 2023 jam 14:56 WIB dan alhamdulillah DITERIMA!!!! Aaaak aku tak bisa menaharn rasa haru. Saat itu aku sedang berada di lab 10 mengajar siswa upgrading. Tidak lama setelah itu Mbak Endes memangilku, dan alhamdulillah 4 orang dari kantorku diterima. Yay!

Sebelum wawancara ada drama, aku diare di malam harinya dan lemas sekali rasanya di pagi harinya. Aku nggak tau penyebab diare apakah karena aku salah makan atau karena stress. Sore itu aku jajan bakso di pinggir jalan dan minum decolgen karena sedang flu. Menjelang tidur aku bikin ramuan kayumanis, jahe, ketumbar, dan madu. Dini hari sekitar jam 00.30 WIB aku mulai diare dan bolak balik ke kamar mandi meski sudah minum diapet. Alhamdulillah subuh kondisiku mulai membaik meski masih lemes dan nggak nafsu makan. Mungkin aku stress ya? 

Semoga Allah SWT memudahkan urusan-urusan selanjutnya, apply visa, pindahan, perkuliahan dll. Semoga Allah senatiasa memberikan kesehatan baik sebelum ke Korea, saat di Korea dan sepulangnya dari Korea. Semoga Allah senantiasa menjaga dan meridhoi langkah-langkah kami. Aamiin


life-long learner, suka jalan-jalan, blogging, dan phonetography| Bahagia itu sederhana| Hidup mulia dan husnul khotimah (aamiin).

Komentar