Quotes

Syukur dan sabar bagai dua sayap , yang kanan sayap syukur dan yg kiri sayap sabar. Jika patah salah satu maka kita akan jatuh~Buya Hamka

Label

Langsung ke konten utama

Road To Master's Degree Program #4 Ke Ulsan dan Busan

Tanggal 21-22 Februari 2024 External Affairs Team Koreatech menjadwalkan kami untuk melakukan kunjungan ke beberapa instansi di Ulsan. Waktu tempuh dari Cheonan ke Ulsan kurang lebih 3 jam. Perjalanan yang cukup panjang dan berasa sedang di negeri antah berantah sepanjang perjalanan karena banyak gunung-gunung, bukit, dan ladang.

Ada 4 institusi yang kami kunjungi di Ulsan yaitu Hyundai Motor Company, Korea Labor Welfare Corporation (K-COMWEL), Human Resources Development Service of Korea (HRDK), dan Korea Occupational Safety and Healt Agency (KOSHA). Setiap institusi memberikan pengalaman yang berbeda tentunya. Di Hyundai kami diberi kesempatan untuk melihat langsung pabrik Hyundai motor. Proses perakitan mobil dan lain-lain bisa kami saksikan langsung. Di K-COMWEL kami disambut bak tamu kenegaraaan, heboh banget banyak fotografer jeprat-jepret. K-COMWEL ini mirip sama BPJS Ketenagakerjaan yang ada di Indonesia tugasnya.  Hari pertama kami mengunjungi Hyundai Motor dan K-COMWEL, hari kedua kami baru mengunjungi HRDK dan KOSHA.

Setelah selesai kunjungan ke institusi-institusi tadi, aku dan Aryanti melanjutkan perjalanan ke Busan. Namun sebelum bertolak ke Busan aku janjian bertemu dengan Afi. Afi menjemput kami di KOSHA, kemudian membawa kahi ke Taehwa Gang. Di sana kami menjikmati pemandanga di dalam gua yang didesain sedemikian sehingga menjadi objek yang menarik. Setelah jalan-jalan dengan Afi baru kami melanjutkan perjalanan ke Busan dengan KTX.

Ini adalah pengalaman pertama naik KTX, dari Ulsan ke Busan hanya butuh waktu sekitar 20 menit saja . Hotel tempat kami menginap ada di sekitar Gwangalli beach. sayang sekali 3 malam 4 hari di Busan kami disambut dengan cuaca yang mendung jadi nggak bisa menikmati sunrise maupun sunset di pantai. Banyak objek yang kami singgahi di Busan di antaranya adalah Gamcheon (kampung warna-warni, Busan Tower, tempat syuting Fight for My Way,  Busan Air Cruise ( naik cable car di atas laut) di Songdo,  Busan Haeundae X the Sky, dan lain-lain.

Capek banget sebenarnya, tapi alhamdulillah harus disyukuri dan dinikmati. Saat pulang kami menggunakan mugungwa (kereta antar kota, bukan kereta cepat), perjalanan cukup panjang kira-kira sekitar 4 jam. Pemandangan saat perjalanan pulang sungguh indah. Kami baru sampai asrama sekitar pukul 21.00. Setelah itu langsung beres-beres koper dan istirahat.

Sebenarnya mau nyantumin foto-foto di sini namun kok rasanya masih enggan untuk memindahkan file-filenya di sini

life-long learner, suka jalan-jalan, blogging, dan phonetography| Bahagia itu sederhana| Hidup mulia dan husnul khotimah (aamiin).