MERAPI VOLCANO MUSEUM

Hari ahad 28 Desember 2014 saya diminta untuk mendampingi santriwan-santriwati Rumah Tahfidz Nurul Qur’an. Rumah tahfidz ini didirikan oleh saudara saya dan beberapa orang yang terlibat di dalamnya. Lokasinya dekat dengan rumah saya. Alhamdulillah sampai saat ini sudah ada sekitar 30 santri pesertanya mulai dai siswa SD sampai SMP.

Kami berangkat sekitar pukul 08.00 WIB dan sampai di Kaliurang sekitar pukul 09.00 WIB. Karena acara pertama adalah out bound maka daerah tujuan pertama kami adalah Bumi Perkemahan Kaliurang. Sampai dhuhur kami habiskan waktu disana. Tugasku kali ini adalah untuk mendokumentasikan aktifitas mereka. Setelah dhuhur kami menuju Telogo Putri untuk memberikan kesempatan orang tua santri untuk membeli oleh-oleh karena dalam out bound ini orang tua santri juga diajak.

Karena hujan cukup deras saya hanya nongkrong di bus. Malas untuk keluar hehehe. Setelah dari Telogo Putri kami menuju Merapi Volcano Museum. Tadinya saya nggak antusias denger kata museum. Pasti nggak menyenangkan jalan-jalan disana. Eeh, semua itu berubah saat saya sampai di halaman museum dan melihat betapa gagahnya bangunan museum itu.

Begitu masuk kedalam kita akan disuguhi replika merapi lengkap dengan “wedus gembelnya” dan lava pijarnya. Banyak informasi menarik yang ditampilkan di museum ini. Di lantai dua kita bisa melihat film  tentang Merapi namun saya tidak mencobanya karena dibatasi waktu. Di dalam museum banyak spot-spot menarik untuk diabadikan apalagi yang di lantai dua hehehe.

Masuk museum biayanya juga murah, hanya Rp. 3000 per orang. Untuk biaya nonton film Merapi di lantai 2 dikenakan biaya tambahan, kalau nggak salah Rp. 5000 (maklum kemarin yang ngurusin administrasi bukan saya hehehe). 

Saya belum puas mengitari sudut-sudut museum karena dibatasi waktu. Semoga lain kesempatan bisa kesana lagi. Tadinya saya berpikir wisata di Kaliurang itu tak ada yang mearik. Nah setelah datang ke Merapi Volcano Museum pikiran saya berubah.

Ternyata Kaliurang punya sesuatu selain Gurnung Merapi itu sendiri. Kalau kalian pernah mendengar Museum Ulen Sentanu itu juga merupakan tempat yang menarik untuk dikunjungi. Saya sih belum kesana, hehe. Padahal asli Jogja lho #doh malunya. Namun dari informasi yang saya dapatkan dari teman dan juga dari blogger yang lain Ulen Sentanu juga menarik untuk dikunjungi. 

So buat kamu yang mencari liburan yang murah, edukatif, dan menarik di sekitar Jogja bisa ke Kaliurang dan mengunjungi Merapi Volaco Museum. See you for next blog post! Have a beautiful day!









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Amor Fati (Cintai Takdirmu) #Review

Banduuuung