Quotes

Syukur dan sabar bagai dua sayap , yang kanan sayap syukur dan yg kiri sayap sabar. Jika patah salah satu maka kita akan jatuh~Buya Hamka

Label

Langsung ke konten utama

Kelas Fotografi

 Setelah sekian lama vakum akhirnya rabu pagi (3/8/11)kelas fotografi bersama teman-teman PKPU dimulai lagi. Kelas ini dilaksanakan satu minggu sekali tiap hari rabu jam 06.30 WIB di kantor PKPU Jogja. Kelas foto ini adalah inisiatif dari saya, Mbak Juju, Afzal, Mbak Ayu dan teman-teman lain yang ingin belajar fotografi. Setelah sebulan jalan kelas kami vakum karena gurunya baru banyak dapet job ke luar Jogja.




Nah gurunya itu adalah Mas Alvein Damardanto Yudaputra atau biasa kami sapa Mas Alvein. Dia adalah film maker dan fotografer. Mas Alvein menyebut komunitas ini adalah komunitas pocket island karena dalam komunitas ini kami belajar tentang bagaimana mengoptimalkan kamera poket agar hasilnya optimal. Bukan hanya sekedar gambar biasa tapi gambarnya itu punya nilai.

Pertama belajar di kelas ini kami diajari untuk merubah persepsi kami yaitu bahwa untuk mendapatkan hasil foto yang bagus tidak harus menggunakan kamera DSLR. Selama ini kita sering berpikir bahwa untuk mendapatkan hasil foto yang bagus harus menggunakan kamera DSLR. Kalau kita belum tau cara menggunakannya hasilnya malah jadi tidak bagus. Kamera poket asalkan kita tau ilmunya maka hasilnyapun tidak kalah bagus dengan yang pakai kamera DSLR. Kamera poket itu memiliki beberapa keuntungan diantaranya mudah menggunakannya (gak ribet), dan biasanya banyak fiturnya. Lebih praktis  hehe:D.

Jadi belajar bersama mas Alvein itu bukan belajar menggunakan kamera tetapi belajar ilmu fotografi. Mempelajari hal-hal yang bisa membuat hasil foto kita lebih bernilai, misalnya tentang fotografi dasar, tata cahaya, elemen visual, komposisi, kekuatan bahasa visual dan lain-lain. Tentang cara menggunakan kamera dibahas tetapi tidak dominan. Wah saya sendiri dalam beberapa hal masih bingung hehe. Tapi asyik kok meski masih harus banyak belajar. Semangaaaattttt!!!!








life-long learner, suka jalan-jalan, blogging, dan phonetography| Bahagia itu sederhana| Hidup mulia dan husnul khotimah (aamiin).

Komentar