Quotes

Syukur dan sabar bagai dua sayap , yang kanan sayap syukur dan yg kiri sayap sabar. Jika patah salah satu maka kita akan jatuh~Buya Hamka

Label

Langsung ke konten utama

Ngebis (Naik Bus)

Pagi ini saya terpaksa ngebis (naik bus), bukan terpaksa sih tetapi mau tidak mau harus naik bus. Saat berangkat ke kantor, di tengah perjalanan tiba-tiba motor saya mengeluarkan bunyi yang aneh. Saya tidak tau bunyi apa, namun sumbernya berasal dari bagian depan motor. Saya berhenti sejenak kemudian memutuskan akan mampir di bengkel langganan untuk memeriksakan motor saya. Untung saya baru sampai di jalan godean km 6, sedangkan bengkel langganan saya ada di jalan godean km 5 jadi belum kelewatan kalau mau ke kantor.

Begitu sampai bengkel, saya langsung lapor dengan Pak pemilik bengkel perihal masalah yang menimpa motor saya. Saya memutuskan mending motornya diservis sekalian dan diganti olinya karena bulan ini memang sudah jatahnya untuk diservis. Kata pak bengkel ada masalah dengan laker motor saya. Ah saya tidak tau apa itu laker, hehe. Saya manut-manut saja motor saya mau diapakan yang penting setelah itu bisa nyaman untuk dipakai lagi. Saya tinggal motor saya di bengkel, kemudian saya naik bus jalur 15 menuju kantor.

Tau gak? dulu saya anti banget sama yang namanya bus karena saya suka pusing dan mual kalau naik bus. Dulu tiap kali bepergian diajak ibu naik bus saya pasti ogah-ogahan. Kalaupun terpaksa harus naik bus saya pasti tidur di pangkuan ibu untuk menghilangkan rasa mual dan pusing. Pernah dulu ibu cerita, padahal saya sendiri udah lupa. Kata ibu, dulu kami berdua pernah naik becak dari Malioboro sampai jalan godean km 7 karena saya gak mau naik bus. Waw! kasihan bapak becaknya ya? pasti capek hehe. Saya sendiri sudah lupa dengan kejadian itu namun Ibu saya masih ingat dan beliau pernah menceritakannya saat kami asyik ngobrol ngomongin masa kecil.

Nah gimana ceritanya sampai saya bisa gak anti bus lagi? cekidot!

Liburan lulusan SD atau saat libur nunggu masuk SMP saya mengikuti sebuah acara di Bandung. Acara itu adalah acara pertandingan bulutangkis tingkat nasional yang diadakan oleh...., saya lupa. Saya dan tim  Bulutangkis Pancing Sembada bareng-bareng ke Bandung naik kereta ekonomi dari stasiun Lempuyangan. Kami tidak didampingi orangtua hanya para pelatih yang mendampingi. Kami ingin ngirit jadinya naik kereta ekonomi.

Selama di Bandung kami tinggal di daerah Cicaheum. Nah, trasportasi yang sering kami gunakan untuk pergi-pergi adalah angkot. Kami gak nyewa mobil. Jadi dari homestay ke lokasi pertandingan kami naik angkot, mau jalan-jalan naik angkot. Pihak penyelenggara memang tidak menyediakan homestay dan alat transportasi so kami mandiri, para pelatihlah yang mengurusi keperluan saya dan teman-teman. Selama seminggu di Bandung saya terbiasa dengan angkot, saya juga heran kok saya gak pusing ya naik angkot. Jadi biasa gitu. Kalau di Bandung kan kebanyakan angkotnya kecil-kecil gitu, mobil disulap jadi alat transportasi gak kayak di Jogja yang memang bener-bener  bus yang beroperasi untuk alat transportasi.

Hasil pertandingannya sih lumayan. Lumayan mengecewakan, hehe. Ada yang sampai seperempat final, ada yang kalah dan macem-macem. Tapi gak ada yang sampai final. Saya sendiri kalah, huks. Lawan saya gak imbang. Saya dapat lawan main anak SMP yang udah jago dan dia udah sering kali menang pertandingan. Dia dulu ikut klub badminton yang tempat latihannya sama dengan tempat latihan saya namun beda jam dan hari. Jadi saya tau siapa dia. Saya pengen protes sama panitia, tapi apa daya. Saya masih kecil huhuhu. Terima aja deh, saya optimalkan segenap kemampuan saya, namun tetep aja kalah. Namanya juga pertandingan ya, kalah menang itu biasa yang penting kita dapat pengalaman #MenghiburDiri

Beberapa teman saya disusul sama orangtuanya ke Bandung tetapi saya enggak. Bapak ibu saya gak nyusul. Sempat merasa sedih tetapi habis itu gak papa. Saya sempat flu berat juga disana karena emang dingin cuacanya dan stamina kami selama pertandingan bener-bener digodog. Pagi-pagi habis subuh lari-lari keliling komplek dilanjutkan dengan senam dan latihan-latihan yang menunjang kemampuan bulutangkis. Gempor deh pokoknya. 

Setelah pertandingan usai kamipun kembali ke Jogja. Jadi kami di Bandung selama seminggu. Nah besoknya itu hari senin, dan ahad pagi kami baru berangkat dari bandung padahal senin udah mulai masuk sekolah. Mana saya gak ikut MOS, bakal kayak orang ilang nih di sekolah besok. Mana itu hari pertama masuk SMP. Sekitar habis isya kami baru sampai Jogja, saya dijemput ibu, bapak, and saudara. Wah senengnya, kangen lama gak ketemu. 

Esoknya saya semangat banget karena ini hari pertama masuk sekolah sebagai seorang siswi SMP. Tapi ada sedikit kekhawatiran mengingat sekolah saya jauh di kota, sehingga saya harus naik bus menuju sekolah. Saya takut kalau mual dan pusing (mabok). Hari itu saya memacu sepeda saya menuju tempat pemberhentian bus bareng sepupu yang satu sekolah dengan saya di SMP N 12 Jogja. Kami titipkan sepeda di Bantulan karena kalau nunggu bus dulu di depan rumah lama dan harus dua kali naik bus jadinya. Bismillah, naik jalur 15. Jreng..jreng....saya gak mual dan pusing selama naik bus. Saya merasa aneh sendiri. Padahal biasanya bus baru jalan sebentar saja rasa pusing dan mual sudah muali merasuki. Mungkin ini hikmah sering naik angkot selama di Bandung. Tubuh jadi terbiasa dengan transportasi umum hehehe. Alhamdulillah......

Dan pagi ini, ketika saya naik bus. Saya seperti dikembalikan pada masa lalu. Saya jadi inget gimana dulu saya gak suka naik bus sampai akhirnya saya jadi terbiasa. Ah, kalau diinget-inget lagi rasanya gimana gitu. Nostalgia! jadi kangen sama temen-temen yang biasanya barengan naik bus. Bercanda bareng, empet-empetan dengan penumpang lain, ngerasain bus yang ngebut karena kejar-kejaran dengan bus lain. Semua itu kalau diinget-inget jadi bikin senyum-senyum sendiri. Masa lalu kadang indah untuk di kenang:)

Salam kangen buat:
Teman-teman dan pelatih Klub Bulutangkis Pancing Sembada, maaf saya tidak melanjutkan perjuangan karena inilah pilihan yang saya ambil. Berhenti dari klub, meski bukan pilihan yang mudah. Tapi kalian tetap di hati, ikut seneng lihat beberapa kawan sudah menjadi atlet nasional bahkan ada yang udah terkenal hehe. Masih inget aku gak ya mereka?

Teman-teman SMP 12 kelas 1C terutama yang sering ngebis bareng: Firly, Wuri, Unik, dan Media. Gimana kabar kalian? udah lost contact, lama gak reunian. Apa udah pada nikah dan punya anak?hehehe, moga bisa reunian lagi ya:)



life-long learner, suka jalan-jalan, blogging, dan phonetography| Bahagia itu sederhana| Hidup mulia dan husnul khotimah (aamiin).

Komentar