Quotes

Syukur dan sabar bagai dua sayap , yang kanan sayap syukur dan yg kiri sayap sabar. Jika patah salah satu maka kita akan jatuh~Buya Hamka

Label

Langsung ke konten utama

HARI-HARI DI PUSDIKLAT



SURAT PANGGILAN PRAJAB
Akhir bulan Juli surat panggilan untuk mengikuti diklat prajabatn akhirnya mampir juga. Mulai tanggal 3 Agustus hingga 22 Agustus 2015 saya dan 4 orang lainnya dari Bandung diundang untuk mengikuti diklat prajaban di Pusdiklat Kementrian Ketenagakerjaan di Kampung Makasar Jakarta Timur. Beberapa perlengkapan diklat segera saya siapkan seperti kemeja putih, sepatu olahraga, dan lain-lain.

Minggu, 2 Agustus 2015 pukul 10.00 WIB kami berangkat dari Bandung dengan menggunakan jasa travel Xtrans. Barang yang saya bawa sekoper gede plus tas punggung. Busyet udah kayak mau pindahan kos aja hehehe. Kami sampai Pusdiklat sekitar pukul 13.30 WIB, laporan ke petugas kemudian masuk ke asrama. Alhamdulillah bisa sekamar sama Teh Yani yang juga sama-sama dari Bandung. Kamar cukup nyaman dengan 2 spring bed, 2 meja belajar, satu meja rias, 2 lemari, AC, 2 tempat jemur pakaian dan kamar mandi di dalam.

Setelah itu kami makan di ruang makan dan ramah tamah dengan beberapa peserta dari daerah lainnya. Hari pertama masuk asrama kami masih sering nongkrong di kamar daripada main keluar. Maklum masih menyesuaikan diri dengan kondisi asrama. Tanggal 3 Agustus 2015 jam 10.00 WIB kami mengikuti acara pembukaan yang dibuka langsung oleh Sekjed Kemnaker Pak Bangkona. Mulai dari acara pembukaan kami sudah dikelompokkan dalam kelas yang disebut dengan angkatan. Satu angkatan terdiri dari 36-40 siswa dari berbagai daerah. Untuk rombongan dari Bangdung terpecah menjadi dua angkatan. Saya, teh Yani, dan Vomy di angkatan XII sedangkan Jan dan Agung di angkatan XI.

SUKANYA DI PUSDIKLAT
Nah apa sih sukanya di pusdiklat? Nah banyak sih sukanya, salah satunya kita ketemu temen-temen baru. Nah untuk temen-temen baru ini akan saya jelaskan di LEBIH DARI SEKEDAR TEMAN.  Selama di PUSDIKLAT kehidupan kita serba teratur termasuk soal makanan juga teratur, makan tiga kali sehari plus dua kali snack dan satu kali coffee morning per hari. Kalau selama jadi anak kos kadang makan nggak teratur nah selama di PUSDIKLAT makan jadi teratur dan terjamin gizinya. Enak kan? Rata-rata setelah keluar dari PUSDIKLAT pada naik berat badannya.

Selain itu kita juga dapat jatah laundry sebanyak 12 potong baju selama seminggu. Asyik kan? Nggak perlu capek-capek nyuci, eh tetep nyuci ding untuk pakaian-pakaian tertentu. You know what i mean lah hehehehe. Yang jelas kegiatan kita full dari pagi sampai malem, keberadaan laundry ini sangat meringankan kita:)

Oiya yang bikin suka di PUSDIKLAT juga adalah kita dapet pembinan yang baik dan nggak galak. Friendly bangetlah sama kita. Ketika kelompok lain dimarah-marahin sama pembinanya, kita malah kebanyakan bercanda :D

DUKANYA DI PUSDIKLAT
Nah yang bikin merengut di pusdiklat adalah kegiatan yang padat dan banyak tugasnya.
Ini jadwal kegiatannya

04.30: Bangun
05.15: Apel pagi + Olahraga
06.15: Coffe Morning
06.30: Mandi
07.00: Sarapan
07.45-16.30: Materi di kelas (diselingi coffee break jam 10.15 dan jam 15.15)
16.30: Baris-berbaris
18.00-21.00: ISHOMA
21.00-22.00: Apel Malam
22.00: tiduuuurrr

Nah di waktu ISHOMA selain untuk sholat dan makan malam biasanya kita isi dengan ngerjain tugas seperti meresum materi yang didapatkan. Capeklah pokoknya di pusdiklat tuh. Jam biologis berubah, waktu tidur kurang, dan lumayan tekanannya.

LEBIH DARI SEKEDAR TEMAN
Mereka sudah seperti keluarga sendiri buatku. Teman satu angkatan (1 kelas) tadinya kita belum benar-benar kenal. Seiring berjalannya waktu kami jadi saling mengenal. Yang tadinya masih jaim-jaiman lama-lama keluar deh aslinya. Masing-masing dari mereka punya keunikan tersendiri. Satu hari sebelum kepulangan ke daerah masing-masing untuk aktualisasi kami menyempatkan diri main bareng ke Kota Tua Jakarta. Kami rame-rame naik angkot dan commuterline. Seru deh melihat tingkah polah mereka, ada yang sibuk selfie, ada yang pura-pura berdiri kayak polisi, ngobrol, bercanda, dan lain-lain.

Malam itu seru deh rasanya, kita jadi lebih tau karakter masing-masing. Siapa yang penyabar, siapa yang bossy, siapa yang ngocol, dan lain sebagainya. Pulangnya kita kemaleman dan nggak dapet angkot  menuju pusdiklat, alhasil kita jalan rame-rame bak orang yang lagi baris hahahaha. Mungkin kalau dihitung-hitung kita jalan sekitar 3 Km dari PUSDINKES sampai pusdiklat. Karena rame-rame jadi nggak kerasa capeknya jalan segitu. Ada sih yang merasa capek karena emang jarang jalan kaki heheheh. 

Mereka adalah keluarga baru, keluarga yang ikatannya mungkin hampir sama dengan keluarga kandung. Seneng deh ketemu dengan  teman-teman baru ini. Memberikan warna baru, membuat hidup makin hidup, dan mengayakan hati. Merekalah keluarga baruku. Moment-moment bersama mereka banyak sekali. Lucu kalau diinget satu-satu. InsyaAllah akan tersimpan dihati selalu #cieee





life-long learner, suka jalan-jalan, blogging, dan phonetography| Bahagia itu sederhana| Hidup mulia dan husnul khotimah (aamiin).

Komentar

  1. semoga berkah di sana mbak cece.... dan slalu di jaga Allah,... aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, makasih Angky. Doa yang sama untuk Angky. Salam ya buat Bunda dan Ayah, lama banget nggak ketemu:')

      Hapus

Posting Komentar